Pengertian Syarat, Rukun, Sah dan Batal dalam Islam

 on Tuesday, July 26, 2016  

Assalamu'alaikum wr.wb. artikel belajar islam dari panduan bacaan sholat kali ini tentang pengertian syarat, rukun, sah dan batal dalam islam. Seperti yang kita ketahui bersama, suatu perkara ibadah memiliki syarat dan rukunnya masing-masing. Selain itu, untuk menjaga ibadah kita tetap khusu' dan tenang kita harus mengerti juga mengenai perkara sah atau batal dalam beribadah.
Pengertian Syarat, Rukun, Sah dan Batal dalam Islam
Syarat, rukun, sah dan batal dalam islam

Pengertian Syarat, Rukun, Sah dan Batal Dalam Islam

Pengertian Syarat dalam islam
Syarat ialah sesuatu yang harus dipenuhi sebelum mengerjakan sesuatu pekerjaan. Kalau syarat-syaratnya kurang sempurna maka pekerjaan itu tidak sah.
Pengertian Rukun dalam Islam
Rukun ialah sesuatu yang harus dikerjakan dalam melakukan suatu pekerjaan. Rukun berarti merupakan bagian pokok.
Contoh : Membaca surat al fatihah dalam sholat merupakan bagian yang pokok, jadi jika tidak membaca al fatihah berarti tidak sah sholatnya.
Pengertian Sah dalam Islam
Sah ialah telah cukup syarat dan rukunnya suatu perkara dan dikerjakan dengan benar.
Pengertian Batal dalam Islam
Batal ialah tidak cukup syarat dan rukunnya atau tidak benar. Jadi bila suatu pekerjaan atau perkara yang tidak memenuhi syarat dan rukunnya berarti perkara itu tidak sah atau batal.


Demikianlah artikel tentang pengertian syarat, rukun, sah dan batal dalam islam yang bisa menambah pengetahuan kita tentang islam, khususnya bagi kita yang terbuka hatinya untuk belajar lebih jauh mengenai islam.
Pengertian Syarat, Rukun, Sah dan Batal dalam Islam 4.5 5 Unknown Tuesday, July 26, 2016 Pengertian syarat, rukun, sah dan batal dalam islam secara singkat dan jelas. Setiap muslim wajib mengetahui syarat dan rukun dalam suatu perkara ibadah agar ibadahnya sah dan diterima Allah SWT. Assalamu'alaikum wr.wb. artikel belajar islam dari panduan bacaan sholat kali ini tentang  pengertian syarat, rukun, sah dan batal dala...

Print Friendly and PDF