Tata Cara Wudhu Yang Benar Beserta Gambarnya

 on Tuesday, August 2, 2016  

Assalamu'alaikum wr. wb. artikel kali ini dari panduan bacaan sholat tentang tata cara wudhu yang benar beserta gambarnya ilustrasi. Berwudhu merupakan syarat sholat yang harus dipenuhi, selain itu kita harus bersih dari najis dan hadas sebelum berwudhu, baik itu dari pakaian, sarung, dan yang hendak kita pakai untuk sholat harus suci.
Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan rukun rukun wudhu yang harus dipenuhi selama melaksanakan wudhu dan hal yang membatalkan wudhu. Namun, ada juga beberapa sunnah yang bisa dilakukan agar mendapatkan pahala lebih. Rukun wudhu ada 6 perkara, yakni niat, membasuh muka, membasuh tangan, mengusap sebagian kepala dan membasuh kaki, dan tertib. Dari 6 perkara tersebut, semuanya harus dilaksanakan dengan berurutan dan tenang. Jangan tergesa-gesa atau terlalu cepat. Untuk lebih detilnya berikut ini tata cara berwudhu yang benar :
Tata Cara Wudhu Yang Benar Beserta Gambarnya

Tata Cara Wudhu Yang Benar Beserta Gambarnya

1. Membaca بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ "bismillahirrohmanirrohim" sambil mencuci kedua belah tangan sampai pergelangan tangan hingga bersih
tata cara wudhu mencuci tangan
2. Berkumur-kumur sambil membersihkan gigi jika ada sisa-sisa makanan
tata cara wudhu berkumur
3. Mencuci lubang hidung 3 kali dari kotoran yang ada didalam
tata cara wudhu mencuci hidung
4. Mencuci muka 3 kali, mulai dari tempat tumbuhnya rambut kepala hingga bawah dagu dan dari telinga kanan hingga telinga kiri, sambil niat wudhu. Lafadznya :
نَوَيْت اْلوُضُوْءَلِرَفْعِ اْلحَدَثِ اْلَا صْغَرِفَرْضًا ِللهِ تَعَا لَي
"Nawaitul Wudluu a Liraf'il Hadastil Ashghari Fardlan Lillahita'ala"
Artinya : "Aku niat berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil, fardhu karena Allah"
tata cara wudhu membasuh muka
5. Kemudian mencuci kedua belah tangan hingga siku-siku 3 kali
tata cara wudhu membasuh tangan
6. Kemudian membasahi sebagian rambut kepala 3 kali
tata cara wudhu membasahi kepala
7. Kemudian mencuci kedua telinga
tata cara wudhu mencuci telinga
8. Dan yang terakhir mencuci kedua kaki hingga diatas mata kaki 3 kali.
tata cara wudhu mencuci kaki
Setelah berwudhu, disunnahkan membaca doa setelah wudhu dan menghadap kiblat sambil mengangkat kedua tangan. Berikut ini adalah lafadz doa setelah wudhu beserta pengucapan dan artinya :
اَشْهَدُ اَنْ لآّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنْ عِبَا دِكَ الصَّا لِحِيْنَ. 

"Asyhadu Alla Ila Haillallaah Wahdahu Laa Syariika Lahu Wa Asyhadu Anna Muhammadan Abduhu Wa Rasuuluhu, Alloohummaj'alni Minattawwaabiina' Waj'alni Minal Mu Tathahhiriina Waj'alni Min Ibadi Kash Shaalihiina"
Artinya : "Aku bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah dan tidak ada yang menyekutukan bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan-Nya. Ya Allah jadikanlah aku orang yang ahli taubat, dan jadikanlah aku orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang shaleh"
Dari runtutan tata cara berwudhu diatas sudah termasuk didalamnya ada rukun wudhu dan sunnah wudhu yang sebelumnya sudah dijelaskan dalam artikel juga. Dengan demikian, semoga artikel tentang tata cara wudhu yang benar beserta gambarnya ini bisa menjadi rujukan untuk belajar mengenai wudhu. Semoga Allah SWT menambah ilmu dan pengetahuan kita tentang bersuci di dalam islam. Wassalamu'alaikum wr. wb.
Tata Cara Wudhu Yang Benar Beserta Gambarnya 4.5 5 Unknown Tuesday, August 2, 2016 Panduan tata cara wudhu yang benar beserta gambarnya lengkap dengan doa niat wudhu dan doa sesudah wudhu dengan artinya. Pelajari berwudhu yang benar dan baik. Assalamu'alaikum wr. wb. artikel kali ini dari panduan bacaan sholat tentang tata cara wudhu yang benar beserta gambarnya ilustrasi. ...

Print Friendly and PDF