Rukun Islam Ada 5 dan Penjelasannya

 on Monday, July 25, 2016  

Assalamu'alaikum wr.wb, ini adalah artikel pertama dari panduan bacaan sholat yang mengenai Rukun Islam Ada 5 dan Penjelasannya. Sebagai umat islam, sejak kecil kita belajar mengenai apa saja rukun islam dan ada berapakah rukun islam pada taman pendidikan qur'an (TPQ) atau di sekolah baik madrasah maupun negeri. Namun, tentunya kita bukan hanya bisa menyebutkan berapa jumlah atau apa 5 perkara rukun islam saja, tapi harus memahami dan melaksanakan 5 perkara tersebut.
rukun islam ada 5 dan penjelasannya
Ilustrasi : Rukun Islam 5 Perkara

Rukun Islam Ada 5 dan Penjelasannya

Rukun islam ada lima yaitu :
  1. Mengucapkan 2 kalimat syahadat :"Artinya : bersaksi atau mengakui, bahwa tidak ada Tuhan yang wajib disembah melainkan Allah SWT. Dan bersaksi atau mengakui, bahwa Nabi Muhammad Saw adalah utusan Allah SWT.
  2. Mengerjakan sholat lima waktu sehari semalam :"Ada 5 sholat yang wajib kita laksanakan yakni shubuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya"
  3. Mengeluarkan zakat :"Bagi setiap muslim yang mempunyai harta yang sudah mencapai nisab, maka wajib baginya untuk mengeluarkan zakat hartanya setiap tahun."
  4. Berpuasa pada bulan ramadhan
  5. Menunaikan ibadah haji bagi yang mampu
Untuk memahami rukun islam, hal yang pertama kita harus pahami yakni mengenai dua kalimat syahadat. Nah, untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan mengenai 2 kalimat syahadat.

Makna dan Arti 2 Kalimat Syahadat

Dua kalimat syahadat ialah dua perkataan pengakuan yang diucapkan oleh lisan dan dibernarkan oleh hati untuk menjadi orang islam.
Lafadz arab dua kalimat syahadat :
"Asyhadu An Laa Illaaha Illallah, wa asyhadu anna muhammadar rasuulullah"
Artinya : "Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah, Dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad Saw utusan Allah"
Bila seseorang yang bukan islam, mengucapkan 2 kalimat syahadat bersungguh-sungguh, yaitu membenarkan dengan hati apa yang diucapkan serta mengerti apa yang diucapkan, maka dengan sendirinya ia telah masuk kedalam agama islam dan wajiblah ia mengerjakan rukun islam yang lima.
Dua kalimat syahadat masing-masing ialah :
  1. Syahadat Tauhid : Artinya menyaksikan ke Esaan Allah
  2. Syahadat Rasul : Artinya menyaksikan dan mengakui ke Rasul an Nabi Muhammad Saw
Bagi orang yang akan masuk agama islam, dua kalimat syahadat harus diucapkan bersama-sama (berturut-turut) tidak boleh dipisah-pisahkan.

Makna 2 Kalimat Syadahat

Orang yang hendak menjadi muslim/mu'min, pertama ia harus mengucapkan 2 kalimat syahadat dengan paham maknanya. Orang yang tidak dapat mengucapkan dengan lisan karena bisu atau dikarenakan alasan lain, atau karena ajal telah mendahuluinya padahal hatinya sudah beriman, maka orang itu mu'min dihadapan Allah dan akan selamat kelak dihari kemudian. Tetapi orang yang tidak mau mengucapkannya, maka orang itu tetap menjadi kafir.
Islam adalah tunduk menyerahkan diri kepada Allah dengan tulus dan ikhlas. Iman dan Islam satu sama lainnya tidak bisa dipisahkan, juga tidak bisa untuk dibeda-bedakan. Karena seseorang tidak dapat dikatakan mu'min. jika ia tidak menyerahkan diri dihadapan Allah dan menjunjung tinggi apa yang telah disampaikan Nabi Muhammad Saw. Begitu pula ia tidak akan menyerahkan diri atau menjunjung tinggi, jika iad tidak beriman. Maka dari itu setiap mu'min pasti muslim, dan setiap muslim pastilah mu'min.

Pengertian Iman dan Islam

"Mengikrarkan dengan lidah tentang adanya Allah dan hatinya membenarkan apa yang diikrarkan, kemudian melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangannya"

Demikianlah artikel tentang rukun islam ada 5 dan penjelasannya secara singkat dengan pembahasan makna dan arti 2 kalimat syahadat. Semoga bisa bermanfaat dan allah meridhoi belajar kita. Wassalamu'alaikum wr.wb

Rukun Islam Ada 5 dan Penjelasannya 4.5 5 Unknown Monday, July 25, 2016 Rukun islam ada 5 dan penjelasannya secara singkat dilengkapi dengan makna dan arti 2 kalimat syahadat. Pengertian islam dan iman. Belajar islam disini. Assalamu'alaikum wr.wb, ini adalah artikel pertama dari panduan bacaan sholat yang mengenai Rukun Islam Ada 5 dan Penjelasannya . Sebag...

Print Friendly and PDF