Pengertian Wudhu, Syarat Syarat dan Penjelasannya

 on Friday, July 29, 2016  

Assalamu'alaikum wr. wb update artikel dari panduan bacaan sholat kali ini tentang pengertian wudhu syarat syarat dan penjelasannya. Wudhu termasuk syarat sahnya sholat, sebagaimana mandi, wudhu sebelum sholat hukumnya bisa sunnah dan bisa wajib. Bagi orang yang sebelum sholat tapi sudah mempunyai wudhu, sunnah hukumnya untuk memperbarui wudhunya, khususnya sholat fardhu. Dan wudhu wajib hukumnya dilakukan oleh orang-orang yang sedang hadas kecil, semisal orang habis buang air kecil atau besar, menyentuh kemaluan, tidur atau hilang akal, menyentuh lawan jenis yang bukan mahram.
Dalil berikut ini menjelaskan hal diatas, Allah SWT berfirman :
وَإِن كُنتُم مَّرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِّنكُم مِّنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا
Artinya : "Dan jika kamu sakit atau sedang dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air, maka bertayamumlah kamu dengan debu yang suci" (QS. Al-Nisa: 43)

Pengertian Wudhu dan Penjelasannya

Pengertian Wudhu, Syarat Syarat dan Penjelasannya
Ilustrasi Wudhu : Source image.google.com
Wudhu menurut bahasa berarti bersih dan indah, sedang menurt syara' artinya membersihkan anggota wudhu untuk menghilangkan hadas kecil. Berwudhu bisa menggunakan air atau menggunakan debu yang istilahnya disebut tayamum. Air yang digunakan dalam berwudhu harus suci dan mensucikan, Macam macam air contohnya air hujan, air sumur, air terjun, laut atau sungai, air dari lelehan salju atau es, air dari tangki besat atau kolam yang biasanya lebih dari 2 kullah.

Hukum Wudhu Wajib dan Sunnah dalam Kehidupan Sehari-Hari

Wudhu wajib dilaksanakan bagi seorang muslim jika hendak sholat, thawaf dan menyentuh Al Qur'an. Menyentuh Al Qur'an menurut ulama 4 madzab adalah wajib, hal ini merujuk pada Al Qur'an surat Al Waqi'ah ayat 77-79 :

إِنَّهُ ۥ لَقُرۡءَانٌ۬ كَرِيمٌ۬ (٧٧) فِى كِتَـٰبٍ۬ مَّكۡنُونٍ۬ (٧٨) لَّا يَمَسُّهُ ۥۤ إِلَّا ٱلۡمُطَهَّرُونَ
Artinya : "Sesungguhnya Al-Qur'an ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihara (Lauhul Mahfuzh), tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan." (QS. Al-Waqi'ah: 77-79)
Wudhu sunnah dilakukan bagi :
1. Seseorang yang mengulangi wudhu ketika hendak sholat
2. Seseorang yang akan tidur, tapi dalam keadaan junub
3. Seseorang yang hendak mandi wajib (junub)
4. Seseorang yang akan mengulangi hubungan badan dengan istri/suami
5. Seseorang ketika sedang marah
6. Seseorang ketika adzan dan iqomat
7. Seseorang yang hendak ziarah
8. Seseorang yang hendak membaca kitab-kitab

Syarat Syarat Wudhu dan Penjelasannya

syarat syarat wudhu
Ada syarat-syarat wudhu yang perlu diketahui yakni :
1. Islam
Syarat wudhu yang pertama yakni dia harus seorang islam yang telah membaca syahadat sebagai rukun islam. Tidak sah wudhunya bagi seorang yang bukan beragama islam.
2. Tidak Berhadas besar
Syarat wudhu yang kedua yakni tidak berhadas besar, misalnya haid, nifas, keluar mani dan junub. Sehingga wajib melakukan mandi besar dahulu
3. Menggunakan Air Suci dan Mensucikan
Syarat wudhu yang ketiga yakni menggunakan air suci dan mensucikan seperti pada penjelasan diatas
4. Tamyis
Syarat wudhu yang keempat yakni tamyis, dapat membedakan baik buruknya suatu pekerjaan
5. Mengetahui mana yang wajib (fardhu) dan mana yang sunnah
6. Tidak ada sesuatu yang menghalangi air sampai ke anggota wudhu seperti getah, cat, dan sebagainya
Demikianlah artikel mengenai pengertian wudhu, syarat syarat dan penjelasannya lengkap dengan dalil yang ada di dalam Al Qur'an. Semoga belajar kali ini bisa memberikan pengetahuan dan wawasan tentang wudhu. Artikel berikutnya mengenai rukun wudhu dan sunnah beserta penjelasannya. Terima kasih telah belajar di website sederhana ini. Wassalamu'alaikum wr. wb

Pengertian Wudhu, Syarat Syarat dan Penjelasannya 4.5 5 Unknown Friday, July 29, 2016 Pengertian wudhu syarat syarat dan penjelasannya berserta dalil serta hukum wudhu wajib dan sunnah bagi seorang muslim. Pelajari disini Assalamu'alaikum wr. wb update artikel dari panduan bacaan sholat kali ini tentang pengertian wudhu syarat syarat dan penjelasannya . Wu...

Print Friendly and PDF